Thursday, 8 February 2018

IDENTIFIKASI SENYAWA KARBON MENGANDUNG UNSUR KARBON, HIDROGEN DAN OKSIGEN

karbon

Bahan diskusi pertama :
Uraikan eksperimen atau percobaan di laboratorium yang sebaiknya dilakukan oleh siswa untuk mengidentifikasi membuktikan bahwa pada umumnya dalam senyawa karbon terdapat unsur karbon, hidrogen dan oksigen.
Tanggapan :
Untuk menguji adanya unsur C, H dan O dapat dilakukan dengan uji air kapur dan uji kertas kobalt. Uji air kapur bertujuan untuk menguji keberadaan gas CO2. Adanya gas CO2 berarti menunjukkan bahwa senyawa tersebut mengandung C dan O. uji kapur dilakukan dengan cara melewatkan gas CO2 yang terbentuk ke dalam larutan kapur. Larutan kapur yang awalnya bening akan berubah menjadi keruh.
Ca (OH)2 (aq) + CO2 (g) → CaCO3 (s) + H2O(l)
Adapun uji kertas kobalt digunakan untuk menguji adanya H2O. adanya H2O berarti menunjukkan adanya unsur H dan O. pengujian menggunakan kertas kobalt ini dilakukan dengan cara menyentuhkan kertas kobalt kepada uap air hasil pembakaran senyawa karbon. Jika bereaksi dengan uap air kertas kobalt yang berwarna biru akan berubah warna menjadi merah jambu. Untuk membuktikan bahwa pada umumnya dalam senyawa karbon terdapat unsure karbon, hidrogen dan oksigen, maka percobaan ini perlu dilakukan terhadap beberapa sampel seperti gula pasir, susu bubuk dan tepung beras. LKS terlampir (dikirim melalui email).


Bahan diskusi kedua
Uraikan fakta yang ada di alam yang dapat diamati atau dirasakan secara langsung oleh siswa yang membuktikan bahwa dalam senyawa karbon terdapat unsur karbon, hidrogen dan oksigen.
Tanggapan :
Mengajak siswa untuk bernalar tentang kejadian-kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kalimat pengantar “bahan yang berasal dari makhluk hidup umumnya merupakan senyawa karbon.hal ini dapat diamati kejadian-kejadian yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Ketika sampel organic seperti kertas, kayu, telur, daging atau beras dibakar pada suhu yang cukup tinggi bahan tersebut menjadi gosong. Hal ini terjadi karena pemanasan menyebabkan senyawa karbon yang terkandung dalam bahan tersebut terurai menjadi karbon berwarna hitam.
Lalu fakta yang dapat diamati yang ada dilingkungan sekitar tentang hydrogen dan oksigen terdapat pada senyawa karbon bisa juga dengan mengajak siswa untuk mengingat/bernalar ketika mengkukus ubi (mengandung karbohidrat) dalam panci tertutup tanpa penambahan air dengan suhu tertentu, maka setelah beberapa menit uap air membasahi tutup panci yang menandakan adanya H dan O. setelah dipanaskan lebih lanjut maka ubi tersebut akan gosong berubah warna menjadi hitam, artinya ubi tersebut mengandung karbon. Demikianlah fakta yang dapat diamati oleh siswa tentang pembuktian bahwa dalam senyawa karbon terdapat unsure C,H dan O.     


Bahan diskusi ketiga 
Uraikan tugas proyek untuk siswa untuk mencapai kompetensi dasar : menyajikan hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
Tanggapan :
tugas proyek untuk siswa untuk mencapai kompetensi dasar : menyajikan hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya adalah membagi siswa dalam beberapa kelompok, selanjutnya masing-masing kelompok membuat makalah tentang “dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya”. Dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber kemudian menyajikannya dalam bentuk power point. Untuk penugasan tersebut dapat dilakukan dengan arahan sebagai berikut :
1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan materi berikut :
-          Mendiskusikan dampak pembakaran hidrokarbon  terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya
2. Guru meminta peserta didik untuk menggali informasi dengan membaca sumber-sumber lain tentang dampak pembakaran hidrokarbon  terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
3. Siswa mendiskusikan materi masing-masing sesuai dengan kelompoknya.
4. Siswa menyajikan/ mempresentasikan secara berkelompok hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya sesuai materi masing-masing dalam bentuk power point
5.guru memberikan penilaian terhadap kesimpulan yang diberikan oleh peserta didik dan memberikan penguatan. dalam memberikan penguatan guru harus memerhatikan perbedaan pendapat dari peserta didik.
6. Guru merefleksi seluruh kegiatan pembelajaran dan bersama siswa membuat  kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

0 komentar:

Post a comment