Thursday, 8 February 2018

MANFAAT ENERGITIKA DAN ELEKTROKIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

energitika dan elektrokimia


Untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa mempelajari materi energitika dan elektrokimia, maka Bapak dan Ibu harus menjelaskan manfaat nyata mempelajari masing-masing materi energitika dan elektrokimia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
Tanggapan :
Siswa akan lebih cepat menerima pelajaran, jika pembelajaran dimulai dalam keadaan menyenangkan. Hal ini dapat dioptimalkan juga dengan meningkatkan motivasi dan minat siswa  dalam mempelajari materi pembelajaran kimia, contoh pada materi energitika dan elektrokimia. Untuk meningkatkan motivasi dan minat tersebut, maka guru perlu menjelaskan manfaat nyata mempelajari masing-masing materi energitika dan elektrokimia dalam kehidupan sehari-hari dan industry. Menurut pendapat saya manfaat-manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan industri yang dapat dijelaskan ke siswa untuk meningkatkan minat dan motivasi dalam mempelajari materi energitika dan elektrokimia adalah sebagai berikut :
a. Energitika
materi energitika atau thermokimia berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari dan industry :
1. reaksi kimia dalam tubuh kita dimana produksi dari energy-energi yang dibutuhkan atau dikeluarkan untuk semua tugas yang kita lakukan.
2. pembakaran dari bahan bakar seperti minyak dan batubara dipakai untuk pembangkit listrik.
3. bensin yang dibakar dalam mesin mobil akan menghasilkan kekuatan yang menyebabkan mobil berjalan.
4. bila kita mempunyai kompor gas berarti kita membakar gas metan (komponen utama dari gas alam) yang menghasilkan panas untuk memasak.
5. dan melalui urutan reaksi yang disebut metabolisme, makanan yang dimakan akan menghasilkan energy yang kita perlukan untuk tubuh agar berfungsi.
6. hampir semua reaksi kimia selalu ada energy yang diambil dan dikeluarkan.
7. perubahan suhu tubuh.
8. embun diluar gelas yang berisi es. Hal ini disebabkan udara yang berada diluar gelas (system) banyak mengandung uap air, gelas yang berisi  es bersuhu rendah dan terasa dingin sehingga udara yang bersentuhan dengan gelas akan mengalami penurunan suhu.
9. termos, termos menggunakan bahan yang bersifat adiabatic yang secara ideal menghambat atau tidak memungkinkan terjadinya interaksi system (air) dengan lingkungan (udara).
Lalu dilanjutkan dengan penjelasan bahwa secara umum manfaat mempelajari materi energitik terbagi 2 yaitu, manfaat positif dan manfaat negative :
Manfaat positif energitika :
1. dapat mempelajari suatu bentuk energy yang dibutuhkan oleh manusia untuk bergerak dalam bentuk energy kinetic dan tumbuh-tumbuhan dalam melakukan proses fotosintesis yang membutuhkan energy dari sinar matahari. Contohnya dapat mempelajari energy listrik, mempelajari kalor/panas, mempelajari perubahan energy pada suatu alat/mesin.
2. dapat mempelajari suatu system atau bagian alam semesta yang menjadi objek penelitian serta lingkungan atau bagian alam semesta yang berinteraksi dengan satu system.
Manfaat negative energitika :
Semakin mempelajari energy dalam skala yang lebih besar, dapat menjadikan sumber kehancuran dunia, contohnya mempelajari energy nuklir.
b. Elektrokimia (sel volta dan sel elektrolisis)
Menurut pendapat saya manfaat-manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan industri yang dapat dijelaskan ke siswa untuk meningkatkan minat dan motivasi dalam mempelajari materi elektrokimia adalah sebagai berikut :
- sel volta
1. sel kering, sel kering dikenal sebagai batu baterai. Terdiri dari katoda yang berasal dari karbon (grafit) dan anoda logam zink.
2. sel aki, sel aki disebut juga sebagai sel penyimpan karena dapat berfungsi penyimpan listrik dan pada setiap saat dapat dikeluarkan.
3. sel bahan bakar, sel bahan bakar merupakan sel Galvani dengan pereaksi-pereaksinya (oksigen dan hydrogen) dialirkan secara continue ke dalam elektroda berpori. Sel ini terdiri atas anoda dari nikel, katoda dari nikel oksida dan elektrolit KOH.
- sel elektrolisis
dalam kehidupan sehari-hari banyak digunakan dalam bidang indsutri. Diantaranya pada pembuatan beberapa bahan kimia, pemurnian logam dan penyepuhan.
1. pembuatan beberapa bahan kimia
Pembuatan beberapa bahan kimia seperti logam alkali dan alkali tanah, aluminium, gas hydrogen, gas oksigen, gas klorin, dan natrium hidroksida dibuat secara elektrolisis. Contoh : pembuatan logam natrium dengan mengelektrolisis lelehan NaCl yang dicampur dengan Ca Cl2.
2. pemurnian logam
Pada pengolahan tembaga dari bijih kalkopirit diperoleh tembaga yang masih tercampur dengan sedikit perak, emas dan platina. Untuk beberapa keperluan dibutuhkan tembaga murni, misalnya untuk membuat kabel. Tembaga yang tidak murni dipisahkan dari zat pengotornya dengan elektrolisis. Tembaga yang tidak murni dipasang sebagai anoda dan tembaga murni dipasang sebagai katoda dalam elektrolit larutan CuSO4, tembaga di anoda akan teroksidasi menjadi Cu2+ selanjutnya Cu2+ direduksi di katoda.
3. penyepuhan logam
Suatu produk dari logam agar terlindung dari korosi (perkaratan) dan terlihat lebih menarik sering kali dilapisi dengan lapisan tipis logam lain yang lebih tahan korosi dan mengkilat. Salah satu cara melapisi atau menyepuh adalah dengan elektrolisis. Benda yang akan dilapisi dipasang sebagai katoda dan potongan logam penyepuh dipasang sebagai anoda yang dibenamkan dalam larutan garam dari logam penyepuh dan dihubngkan dengan sumber arus searah. Contoh : untuk melapisi sendok garpu yang terbuat dari baja dengan perak, maka garpu dipasang sebagai katoda dan logam perak dipasang sebagai anoda dengan elektrolit larutan.

0 komentar:

Post a comment