Sunday, 2 September 2018

PRAKTIKUM CARA MEMBUAT SABUN MANDI BATANG

Sabun mandi merupakan sabun pembersih untuk membersihkan badan ketika kita sedang mandi, yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Sabun mandi biasanya terbuat dari senyawa alkali (natrium hidroksida atau kalium hidroksida) yang dicampur dengan lemak nabati atau hewani serta pewangi. Formulasinya bersifat basa serta berfungsi untuk membersihkan minyak dan kotoran di permukaan kulit yang cenderung bersifat sedikit asam. Sayangnya ketika kita membersihkan kulit  menggunakan sabun, sebagian minyak alami yang diproduksi kulit juga ikut terangkat. Itulah mengapa timbul sensasi kering dan kesat. Oleh karena itu, sebaiknya pilih sabun yang menggunakan detergen sintetis dengan pH seimbang, serta mengandung moisturizer.

Tips cara alami membuat sabun mandi batang:
Bahan yang diperlukan:
–          Minyak lemak sapi: 200 gram
alami–          Minyak kelapa: 1 liter
–          Pewarna: Secukupnya
–          Bibit minyak wangi: 25 cc
–          Minyak rose/ serai: 25 cc
–          Garam: 4 gram
–          Dextrin alba: 30 gram
–          Susu murni: 200 cc
–          Caustik soda 38 BE: 100 gram
Cara pembuatan:
Campurkan terlebih dahulu larutan caustik soda dengan susu murni dan air bersih pada wadah yang buka terbuat dari alumunium, kemudian rebus hingga mendidih.
Lalu larutkan minyak kelapa dan minyak lemak sapi, campurkan dan aduk hingga merata kemudian panaskan.
Setelah itu campuran yang pertama tadi jika sudah mengental kemudian dicampur dengan campuran kedua, lalu aduk hingga mengental.
Masukkan dextrim alba, minyak rose, pewarna dan bibit minyak wangi lalu aduk kembali hingga merata.
Setelah semua bahan tercampur merata, masukkan pada cetakan yang telah disiapkan. Biarkan beberapa saat hingga mengeras. Setelah mengeras, maka sabun bisa dikeluarkan dari cetakan dan siap digunakan.

0 komentar:

Post a comment